Friday 12 September 2014

Review Mobil Proton Indonesia Terbaik

Oleh Rizky Febriana 
(Tulisan ini menjadi salah satu tulisan terbaik di Proton Writing Competition)

Gan, pernah nggak punya keinginan untuk punya mobil sendiri? Ngebayangin bisa nganter anak ke sekolah atau ngajak orang tua jalan-jalan atau mudik pake mobil pulang ke kampung halaman tanpa kehujanan, kepanasan dan relatif lebih aman tanpa berdesak-desakan? Yang penting itu punya cita-cita dulu gan, punya keinginan, kalo ada keinginan biasanya ada jalan menuju Malaysia Gan. Nah abis itu, baru ngumpulin duitnya, inget ngumpulin duitnya dengan cara yang halal ya gan jangan "ngepet" hehehe... dosa gan.... Oh iya, jaman sekarang gak harus langsung tunai dan lunas beli mobilnya, minimal ada sedikit buat DP (uang muka), bisa kok pake kredit. Habis itu, baru mikir keras Gan mau beli mobil yang kayak gimana?

Ane sebagai industrial analyst, punya usul untuk para Agan dan Aganwati sang Djuragan supaya Agan mempertimbangkan produk mobil yang satu ini: Proton (Perusahaan Otomobil Nasional) made in Malaysia. Kenapa Proton? Setidaknya ada 6 alasan Gan menurut Ane.... 

1. Commited to be Better
Jauh sebelum Proton berdiri di tahun 1983, sebuah komite yang bernama Motor Vehicle Assembly Committee (MVAC) yang berdiri tahun 1963 dan bernaung di bawah otoritas Kementerian Perdagangan dan Industri (MTI) Malaysia memiliki peranan yang sangat penting untuk bagaimana Malaysia belajar dari perusahaan-perusahaan perakit mobil besar yang sudah lebih dahulu berproduksi salah satunya Swedish Motor Assemblies (sebuah perusahaan JV (Joint Venture) dengan Volvo) yang beroperasi di tahun 1967.
Sumber: Berbagai sumber, diolah
Tidak hanya Swedish Motor Assemblies/Volvo, ada juga Fiat, Mitsubishi, Honda, Peugeot, Mercedes Benz, Toyota, Daihatsu, Ford, Chrysler dan land Rover. Rendahnya local content dalam kendaraan yang dihasilkan membuat Malaysia belajar dan akhirnya di bulan Mei1983 berdirilah Proton (Perusahaan Otomobil Nasional), sebuah perusahaan yang di awal berdirinya merupakan joint venture antara HICOM (the Heavy Industries Corporation of Malaysia/BUMN) dengan Mitsubishi Motor Corporation yang memiliki saham sekitar 30%. Secara resmi Proton mengeluarkan produk mobil pertamanya di tahun 1985 dengan merk Proton Saga yang juga didukung penuh oleh pemerintah Malaysia melalui Tun Dr Mahathir Mohamad.
Sumber: Dato’ Haji Syed Zainal Abidin Syed Mohamed Tahir
Salah satu komitmen terbesar dari Proton adalah commited to be better, memiliki komitmen untuk terus menerus menjadi lebih baik dari hari ke hari. Proton sudah punya rekam jejak puluhan tahun, tercatat sudah 30 tahun lebih Proton memproduksi produk-produknya. Dimulai bekerjasama dengan pabrikan Mitsubishi, hingga mengakuisisi 60% saham Lotus Group International Ltd di 1996, sebuah pabrikan ternama untuk meningkatkan kemampuan mesin Proton dan Research & Development yang dimiliki. Tak berhenti sampai disitu, kerjasama dengan Zagross Khodro, SAIPA, KACST menjadi beberapa contoh komitmen Proton menghasilkan produk yang lebih baik. Bahkan sejak diambil alih oleh pengusaha kaya Malaysia Tan Sri Mokhtar Al Bukhary melalui DRB-Hicom Proton pada 2012, Proton semakin agresif bekerjasama salah satunya dengan Honda Motors Co untuk mengeksplorasi kerjasama pengembangan teknologi, platform kendaraan, lini produk baru dan tentu penggunaan fasilitas.
Sumber: Syariman KB
Tidak hanya bekerjasama dengan pihak lain, Proton juga sudah lama memiliki pabrik seperti Shah Alam Plant yang memiliki original Main Plant and Multi Vehicle Factory (MVF) yang mampu memproduksi sekitar 200 ribu unit setiap tahunnya. Ada juga The Tanjung Malim plant yang dilengkapi oleh Automatic Line Control or error-proof system sehingga mampu menghasilkan produk berkualitas dan efisien. Selain dua tempat tersebut, Proton memiliki component plant seperti Casting Plant yang memproduksi 180,000 cylinder blocks, crankshafts, bearing caps dll. ETM Plant yang mampu memproduksi competitive product - Machining (C/Block, Cylinder Head, Crankshaft, Camshaft, Bearing Cap, Knuckle, Transmission Case, Clutch Housing ), Engine dan Transmission. Ada juga Stamping Plant yang disebut sebut salah satu terbesar di Asia Tenggara.
Sumber: Shah Alam Plan, Proton Holding Berhad
Melalui R&D yang dimilikinya, Proton berkomitmen menghasilkan produk-produk yang lebih baik, termasuk berencana menghadirkan Proton Green seperti yang dikemukakan oleh Dato’ Zainuddin Che Din pada Malaysian-German 1st Sustainable Automotive Mobility Conference pada 18 October 2011. 
Sumber: Dato’ Zainuddin Che Din, 2011
2. Interior dan Eksterior yang Menarik
Saat ini, Proton memiliki banyak varian produk, salah satunya Suprima S. Menurut Presiden Direktur PT Proton Edar Indonesia Mohd Asri Bin Khayan seperti yang dilansir Detik.commodel terbaru Hatchback ini, juga dilengkapi dengan 6 (enam) air bags sebagai fitur keselamatan, anti-trap power window, ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Electronic Brake force Distribution), dan ESC (Electronic Stability Control) dengan TC (Traction Control) dan varian Premium ini juga dilengkapi dengan Park Assist dengan sensor parkir belakang, dan kamera mundur. 
Sumber: Proton Edar Indonesia diolah
Proton Suprima S di Indonesia tersedia dalam varian Premium, yang didukung oleh mesin CVE 1.6 liter turbo Proton. Teknologi mesin Suprima S diklaim mampu menghasilkan tenaga dan torsi setara dengan 2.0-liter mesin normal-aspirated yang lebih besar - dan dilengkapi dengan transmisi 7-speed ProTronic CVT, yang mampu menghasilkan tenaga hingga 138 hp dengan torsi maksimum 205Nm dari 2000 sampai 4000rpm. Dan seperti semua model Proton, dinamika berkendara ditingkatkan dengan LOTUS Ride and Handling.
Sumber: Proton Edar Indonesia
Hal penting lainnya dari Proton Suprima S termasuk 7-spoke, pelek 17 inci dan head unit 2 DIN dengan built-in sistem navigasi, Push Tombol Start, paddle shift, auto cruise, dan dilengkapi jok kulit. PROTON Suprima S hadir di Indonesia dengan harga Rp 275 juta on-the-road, dengan 5 (lima) pilihan warna yang tersedia yaitu Tranquility Black, Solid White, Genetic Silver, Atlantic Blue, dan Fire Red. Kalo agan pengen lihat produk-produk lainnya mampir aja langsung Gan ke website resmi http://www.proton-edar.co.id/

3. Harga Yang Bersaing

Sumber: Proton Edar Indonesia diolah
4. Standar Keselamatan
Agan pernah denger New Car Assessment Program for Southeast Asia (ASEAN NCAP)? ASEAN NCAP merupakan bagian dari organisasi NCAP yang berada di kawasan Asia Tenggara. Lembaga ini bertugas untuk menganalisa fitur-fitur keselamatan pada mobil, meningkatkan kewaspadaan konsumen ketika membeli mobil, serta mendorong produsen otomotif untuk memproduksi mobil yang lebih aman bagi penggunanya terutama di kawasan Asia Tenggara. Hasilnya Gan, di tahun 2014 ini 2 produk Proton: Proton Preve dan Suprima S mendapatkan  5-Star Ratings Gan dari ASEAN NCAP pada fase ke-III. Ternyata gak cuman dari ASEAN NCAP aja Gan, Proton Preve dan Suprima S dapet 5-Star Ratings juga dari Australasian New Car Assessment Programme (ANCAP). 
Sumber: http://www.aseancap.org/proton-preve/

Barangkali Agan nggak percaya, bisa mampir ke websitenya ASEAN NCAP di www.aseancap.org disitu banyak produk mobil yang dipasarkan di negara-negara ASEAN salah satunya Proton Preve yang baru saja mendapatkan 5-Star Ratings. Proton Preve ini  berjenis sedan yang diproduksi pada tahun 2013 untuk dipasarkan di Brunei, Malaysia, Singapura, Thailand dan juga di Indonesia Gan... 

Sementara itu masih menurut sumber www.wemotor.com, dalam sambutannya setelah menerima 5-Star Ratings di Melaka  Malaysia, Chief Executive Officer of PROTON Holdings Berhad, YBhg Dato’ Abdul Harith Abdullah mengungkapkan rasa bangganya atas pencapaian Proton dalam menghasilkan produk-produk terbaiknya. 

"...our models are not just affordable but more importantly we want our customers to know that our products are of international quality and standards... 

"...Proton tidak hanya terjangkau bagi pelanggan, tetapi yang lebih penting kami ingin pelanggan kami mengetahui bahwa produk yang kami tawarkan juga memiliki kualitas dan standar internasional..."

5. Networking yang Luas
Sumber: Proton Edar Indonesia
Agan gak usah khawatir kalo misal perlu reparasi, suku cadang, ataupun layanan purna jual. Jaringan proton sudah tersebar dibanyak Kota dan Kabupaten di seluruh Indonesia. Di Sumatera ada di Padang, Medan, Batam, Bengkulu, Pekanbaru dan Jambi. Ada juga di Jadetabek:  Jakarta Depok Tangerang Bekasi juga Cibubur. Selain di Jadetabek ada juga di Bandung, Madiun, Purwokerto, Solo, Kudus, Surabaya dan Malang. Proton Edar Indonesia juga hadir di beberapa wilayah lainnya di Indonesia seperti Manado, Makassar dan Balikpapan. Hal ini memang tidak terlepas dari kehadiran PT Proton Edar Indonesia 16 Agustus 2002 dan mulai aktif melakukan penetrasi pasar sejak 16 Maret 2007.   
Sumber: Proton Edar Indonesia
No Pict Hoax Gan? Ini ane buktikan kalo Proton sudah banyak ada di Indonesia. Foto di atas adalah foto peresmian salah satu dealer Proton di Jalan Kartini Raya No 47 Pancoran Mas Depok Jawa Barat Gan. Di atas ada Bapak Idris Abdul Somad Gan (pake peci hitam), Bapak Wakil Walikota Ane... hehe...  Dealer Proton menyediakan layanan purna jual, suku cadang dan penjualan mobil-mobil Proton. 

Dalam sambutannya di peresmian Proton Kota Depok, Gunther Scherz, Presiden Direktur PT. PROTON Edar Indonesia. mengungkapkan "Ini merupakan dealer resmi 3S Proton yang ke-19 secara nasional. Dealer ini khususnya diperuntukkan bagi pelanggan kami di daerah Depok dan sekitarnya sebagai salah satu tujuan kami agar dapat lebih dekat kepada konsumen kami. Dan sebagai upaya kami memberikan yang terbaik kepada konsumen kami maka PROTON Edar Depok dilengkapi dengan fasilitas purna jual, suku cadang dan penjualan terlengkap sehingga konsumen dapat mengetahui rangkaian produk PROTON serta pelayanan terbaik yang dapat kami berikan,” 

6. Diakui Dunia
Sumber: Dato’ Haji Syed Zainal Abidin Syed Mohamed Tahir
Proton tidak hanya hadir di Malaysia, produk Proton sudah menyebar kebeberapa negara seperti Australia, Mesir, Inggris, Kuwait, Turki, Suriah, Qatar, UEA, Taiwan dan juga Indonesia “Proton: A Local Company with Global Presence” begitu kata Proton. Hal ini tidak terlepas dari slogan mereka commited to be better. 
Sumber: Berbagai sumber, diolah


SUMBER INSPIRASI
Dato Aishah Ahmad, 2014. Evolution of Auto Policy – the Malaysian Experience. Slide Presentation. Halaman 19-22
Dato’ Haji Syed Zainal Abidin Syed Mohamed Tahir. Memperkasa Ekonomi Ummah Melalui Pemantapan Jaringan Tempatan dan Penerokaan Berkesan Dalam Pasaran Global: Persiapan Mendepani Cabaran Baru Ekonomi Dunia. Slide Presentasi. Hal 1-5
Dato’ Zainuddin Che Din, 2011. Proton Vehicle Electrification Development. Hal 2
Mohammad Haji Alias, dkk. 2009. Involvement of Bumiputera In The Automotive Supporting Industry: A Critical Evaluation. Prosiding Perkem Iv, Jilid 2 (2009) 199-207 ISSN: 2231-962X
Prema-chandra Athukorala, 2014.  Industrialisation through State-MNC Partnership: Lessons from the Malaysia’s National Car Project. Arndt-Corden Department of Economics Crawford School of Public Policy ANU College of Asia and the Pacific
Yan, Woo Lai. Yap Fei Foung. 2007. Proton Project: Historical And Contemporary DevelopmentMalaysian Economic Development: Issues and Debates Books. Hal 17
http://corporate.proton.com/
http://www.proton-edar.co.id/




No comments:

Post a Comment