Tuesday 28 January 2014

Resensi Film Korea: Officer of the Year


Officer of the year adalah film bergenre action comedy kali ya. Film ini mirip film film Jackie Chan tapi agak lebih konyol. Film yang dirilis 2011 silam kembali ditayangkan di K-Movie Net TV. Nah, malem minggu gak bakalan nyesel nonton film-film Korea. 


Ada 2 aktor utama di film itu. Hwang Jae-Sung sama Jung Wei-Chan. Mereka sama-sama bertugas dikepolisian hanya beda wilayah, Polisi Hwang di Mapo sedangkan Polisi Jung Wei Chan di Seodaemun. Tugasnya memecahkan masalah siapa yang telah memperkosa gadis-gadis, kalo g salah jumlah korbannya mencapai 12 orang yang berada di kedua wilayah mereka. 



Kebetulan kasus itu menjadi menarik dan mendapat perhatian publik karena sudah sangat meresahkan masyarakat dan rata-rata korban pemerkosaan malu untuk melaporkan kasus mereka. Disini kasus itu menjadi semakin menarik untuk dipecahkan oleh mereka, disamping memang ada hadiah bagi Officer of the Year sebanyak 30juta won. 



Film ini semakin menjadi menarik ketika muncul persaingan antara Polisi Hwang yang merintis karir dari bawah dengan Polisi Jung Wei Chan yang lulusan akademi kepolisian. Motivasi mereka sedikit berbeda, Polisi Hwang ingin mengaktualisasi diri hingga promosi jabatan sedangkan Polisi Jung Wei Chan butuh duit, apalagi istrinya lagi hamil, disamping memiliki ayah mertua yang cenderung 'berisik'. 



Singkat cerita, karena kasus mereka begitu meresahkan, Komisaris Kepolisian memerintahkan membuat tim gabungan diantara keduanya, markasnya barengan walau berbeda ruang. Tentu masing-masing dari mereka beserta anak buahnya ingin tampil menjadi pemenang. Namun, tim gabungan itu sia-sia, mereka lebih menjurus kepada persaingan yang tidak sehat. Ya, susah liat orang lain senang, dan senang liat orang lain susah. 



Sampai suatu cerita, pemerkosa yang bernama Balbari melakukan aksi ke-12nya. Kedua polisi Hwang dan Jung hampir saja mendapatkan tersangka. Kejar-kejaran mirip film Jackie Chan. Film ini lucu cenderung konyol karena mereka nggak kayak Jackie Chan yang bisa fight. Bahkan ketika mengejar tersangka, polisi Jung terjepit diantara dinding perumahan warga dipemukiman padat. Hal yang sama juga dilakukan oleh polisi Hwang yang kalah cepat dengan Balbari karena Balbari mantan atlet panjat tebing jadi nggak heran kalo dia berhasil lompat dari rumah e rumah. Bahkan ketika Balbari mau tertangkap, kedua polisi tersebut saling menjatuhkan. Hehe... Khas persaingan pegawai. :) alhadil, Balbari lolos dari pengejaran. 



Mereka ditarik dari penugasan, bahkan polisi Hwang dikembalikan jadi petugas polantas di Mapo, klo g salah karir pertama dia dikepolisian. Polisi Jung meski gak diturunkan jabatannya, tapi dia pusing, utang numpuk, mau beli rumah gak bisa. Hehe... Singkat cerita, polisi Hwang yang perfeksionis mulai sadar bahwa Ia hanya seorang polantas, untuk itu dia mengajak polisi Jung untuk berkerjasama dalam memecahkan kasus ini. 



Mereka berdua memiliki kecurigaan yang sama, siapa Balbari itu sebenarnya. Balbari adalah pimpinan perusahaan belajar menyetir. Namun demikian, kecurigaan mereka percuma jika tidak ada korban yang mau bersaksi. Apalagi si Balbari memiliki semacam yayasan amal yang salah satu kegiatannya adalah menyalurkan amal bagi salah satu korban pemerkosaan, termasuk menyekolahkan putri korban pemerkosaan. 



Di akhir film, alhasil ada 4 wanita yang mau sekedar bersaksi dengan hanya mendengarkan suara Balbari diacara yayasan Balbari. Kenapa hanya suara? Karena si Balbari dalam menjalankan aksinya selalu menutupi wajahnya dengan topeng (Emangnya pangeran toksedo bertopeng..hehe). Satu diantara wanita itu ternyata adalah siswi teladan di yayasan milik Balbari dan didaulat untuk menyerahkan penghargaan kepada Balbari ketika yayasan itu setiap tahun mengadakan acara. Siswi itu berusaha membunuh Balbari namun berhasil dihalangi Polisi Hwang. 



Alhasil Balbari yang tingkahnya sudah mulai ketahuan melarikan diri sewaktu acara tersebut. Kejar mengejar terjadi. Film yang berdurasi 117 menit itu diakhiri dengan tertangkapnya Balbari oleh Polisi Hwang, meski demikian polisi Hwang menyerahkan Balbari kepada Polisi Jung dengan mengikat borgol tangan Balbari kepada Polisi Jung. Namun, akhirnya officer of the year diserahkan kepada mereka berdua. 



Lantas bagaimana pelajaran film itu terhadap Kita yang hanya menjadi staf? Penghargaan officer of the year mungkin hanya untuk polisi Hwang dan Jung, tp penghargaan promosi juga diberikan kepada tim, anak buah mereka berdua. Ya mungkin sekarang staf, tapi yang namanya kekuasaan akan dipergilirkan, tapi tinggal waktu yang menjawab sekaligus mungkin dari skrg jadilah pengikut yang baik karena a good leader is a good follower. Sekian. [] 

2 comments: