Thursday 31 October 2013

Sisi Lain Buruh

[1] Kalopun buruh tidak berdemonstrasi, maka emangnya ada yang tahu kalo di beberapa daerah, UMP buruh masih ada yang menerima di bawah KHL? Yang tahu ada UMP di bawah KHL aja msh adem ayem. Di 2006-2012 banyak 37% rata2 buruh dpt upah dibawah upah minimum. Di 2009, bahkan menyentuh angka 44,6%.

[2] Katanya ikut mekanisme pasar, tapi kenapa sewa ormas untuk melarang demonstrasi?

[3] Buruh juga dukung BPJS 2014. Kalo kita cuman tahu buruh minta gaji Rp3,7 sebulan. Dan BPJS bukan produk DPR RI, tp hasil jalan kaki para buruh dari Bandung ke Jakarta [versi buruh]. Sayangnya yg g tau, cuman paham buruh nuntut gaji naik 50% jd Rp3,7 juta untuk bayar cicilan motor. Susah emang kalo dah bermandikan minyak mah...  eh...

[4] Pengusaha pusing bukan cuman karena ada tuntutan buruh. Tapi pungutan2 liar para preman bahkan sampe ruko2 yg kecil2 aja dipungutin. Sayangnya seringkali oknum aparat juga terlibat. Jangankan pengusaha, warga aja dipungutin. Hello aparat? Tapi g cuman oknum aparat, politikus juga butuh dukungan dan dulangan suara. Disatu sisi, pengusaha juga tak jarang order tuk perebutan lahan.

[5] Demo buruh juga memang dikeluhkan para pengusaha dan calon investor. Tapi jgn lupa, masalah perizinan juga lebih sering dikeluhkan mereka, ada itu di doing business WB yang rilis hampir tiap tahun. Bahkan perusahaan2 yg g sanggup bayar upah, mau pergi, butuh waktu satu tahun.

[6] Buruh butuh naik untuk cicilan motor? Harusnya #terimakasihburuh produsen2 otomotif produknya bisa terbeli. Indonesia nih, the big four untuk urusan market. 237 juta penduduk di 2010, naik tiap tahun 1,49%. G cuman naik, penduduk kelas menengah juga naik. Pendapatan per kapita juga naik. Posisi skrg ±USD3ribu.

[7] Di Jawa nih kumpul 60-70% penduduk Indonesia. Awal konsentrasi di JKT. Ketika JKT berubah jadi basis jasa, dan upah di JKT naik, muncul istilah baru Jabodetabek. Jabodetabek naik muncul istilah Jabodetabek-Cirangkarta atau kita kenal The Greater Jakarta. The Greater Jakarta naik, lahir istilah The Greater Semarang dan Surabaya (Gerbangkertosusila). Proses ilmiah. Terus geser. Mudah2an geser juga ke Kawasan Timur Indonesia. Kalo buruh gak demo, gak geser2 tuh konsentrasi dan pemerataan. Apalagi infrastruktur. Biar pemerintah terus berpikir.

[8] Jadi pengusaha harus siap kenaikan gaji buruh/pegawai/karyawan tiap tahun, UMP nominal tiap tahun overall 12% naiknya. Kalo g siap ya g usah jadi pengusaha.  kalo yg usahanya masih mikro, apalagi g berbadan hukum, gaji di bawah standard masih banyak di Indonesia ini. Jadi woles bro. Pusingnya Gak usah melebih-lebihi para pengusaha besar. Heheehe...

[9] Banyak yg g sadar, kalo UMP naik standard yg katanya status dan jenjangnya lebih tinggi dari buruh juga ikut naik. Biasanya 15% di atas upah buruh.

[10] Produktivitas TK rendah? Produktivitas TK di Indonesia 2001-2010 berbagai sektor CAGRnya 5,46%. UMP nominal 2005-2013, 12,8%. Lalu berapakah upah riil buruh? 2,7% per tahun.

No comments:

Post a Comment