Friday 12 December 2014

Gerindra dan PKS Terima Penghargaan KIP




Sumber: PKS Nusantara
Bertempat di Wakil Istana Presiden Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat (12/12), Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia memberikan penganugerahan keterbukaan informasi badan publik. KIP melakukan pemeringkatan keterbukaan informasi terhadap 34 kementerian, 135 badan/lembaga, 34 provinsi, 138 BUMN, 61 Perguruan Tinggi Negara dan 12 partai politik. 

Untuk kategori partai politik, Gerinda berada diurutan pertama keterbukaan informasi versi KIP dengan nilai 57, sementara PKS (Partai Keadilan Sejahtera) berada diperingkat kedua dengan 31 disusul PKB dengan nilai 22 dan PAN dengan nilai 16. Pada tahun 2014 ini, penghargaan keterbukaan informasi diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla dikantornya.

Dalam rilis resminya, KIP menjelaskan proses penilaian yang dilakukan selama 27 Oktober hingga 4 Desember 2014 melalui 2 tahapan: tahapan pertama kuisioner penilaian mandiri (self assestment questioner) dengan verifikasi website; dan visitisasi dengan melakukan proses wawancara dan pemeriksaan dokumen pendukung bagi yang masuk dalam 10 besar penilaian tahap pertama. 

Sementara itu, KIP menyesalkan beberapa partai politik yang tidak mengembalikan self assestment questioner. Alhasil penilaian hanya dilakukan terhadap 4 partai dari 12 partai politik yang seharusnya dilakukan penilaian. Padahal KIP sendiri sudah sejak tahun 2011 melakukan penganugeraan keterbukaan informasi sesuai amanat UU No 14 Tahun 2008 tentang KIP. []

Baca juga:

1 comment:

  1. ini blog yang lolos adsen ya? aku daftar ga pernah lolos:(

    ReplyDelete